PENGEMBANGAN PRODUK OPAK SINGKONG BU ONAH MELALUI EDUKASI PRODUKSI, VARIAN DAN PEMASARAN

Authors

  • Neng Sri Lathifah Zulfa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Mila Hikmatun Nasihah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Windi Nurkholifah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Hanifa Amalia Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Hernawati Hernawati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Nurohman Nurohman Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Ade Mela Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Ades Putri Awaliah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Ahmad Ahmad Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Ervan Nurahman Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Faisal Luthfi Arrasbi Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Lia Aulia Bahriatul Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Rizal Muhaimin Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Dini Hasanul Awaliyah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Husnul Khotimah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Siti Maesa Ulfa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Rosy Asfihani Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Nur Anas Alhadid Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Re za Indriana Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

UMKM, Opak singkong, Singkong, Pemasaran, Inovasi

Abstract

Salah satu Industri rumahan warga desa Padamulya Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan yang sejak tahun 2006 dijadikan ladang bisnis adalah membuat opak berbahan baku singkong. Singkong merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dijumpai di Kabupaten Kuningan. Contoh olahan singkong yang digemari oleh masyarakat adalah Opak. Di desa Padamulya terdapat pelaku usaha pembuatan opak singkong yang masih tradisional baik dari segi pemanenan, pengolahan maupun pemasaran produk. Pada penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi dalam mengembangkan UMKM Opak Bu Onah sehingga lebih maju dan berkembang, adapun upaya yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan metode kualitatif deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang diberikan diantaranya memberikan edukasi perbaikan kemasan, menambah varian rasa baru dan ukuran yang lebih kecil, membantu pemasaran secara online dengan demikian produk opak dapat berkembang dan terjadi peningkatan penjualan.

Published

2023-03-23