PENDAMPINGAN PENINGKATAN LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PURWAWINANGUN KUNINGAN

Authors

  • Hanif Shobarudin Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Nunu Nurhayati Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.70476/h34c6t92

Keywords:

Reading Literacy, Mentoring

Abstract

Kemampuan literasi membaca sangat penting dikuasai oleh setiap individu agar mampu memahami setiap informasi yang diterima sehingga tidak menimbulkan salah pengertian. Kondisi tersebut menyebabkan perlunya dilakukan pendampingan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari pendampingan ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan literasi membaca pada anak usia dini dan sekolah dasar di kelurahan Purwawinangun Kuningan. Media yang digunakan dalam menumbuhkan kemampuan literasi membaca yaitu melalui penggunaan buku bergambar dan berwarna. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendampingan ini yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pendampingan ini adalah adanya perkembangan kemampuan literasi membaca pada anak usia dini dan sekolah dasar di Kelurahan Purwawinangun Kuningan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman anak dalam memahami sebuah kalimat atau informasi dalam buku bacaan. Selain itu, adanya peningkatan ketertarikan anak usia dini dalam membaca terutama mendengar cerita yang dibacakan, semangat, dan aktif mengikuti kegiatan membaca.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

PENDAMPINGAN PENINGKATAN LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PURWAWINANGUN KUNINGAN. (2025). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39-45. https://doi.org/10.70476/h34c6t92