Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Babelan Tahun Ajaran 2019-2020

Authors

  • Rina Ariyany

Keywords:

Problem Based Learning Models, Learning Activity, Chemistry Learning Results

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA.2 setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning siswa Kelas XI Fisika 2 SMA Negeri 1 Babelan T.P 2019-2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Babelan. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Fisika 2 SMA Negeri 1 Babelan T.P 2019-2020 yang berjumlah 28 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 1 orang siswa (3,57%) tergolong tidak aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong kurang aktif, 8 orang siswa (28,57%) tergolong cukup aktif, 13 orang siswa (46,42%) tergolong aktif, 2 orang siswa (7,14%) tergolong sangat aktif, dan keaktifan klasikalnya yaitu 15 orang siswa (53,57%). Sedangkan pada siklus II yaitu 0 orang siswa (0,0%) tergolong tidak aktif, 2 orang siswa (7,14%) tergolong kurang aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong cukup aktif, 18 orang siswa (64,28%) tergolong aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong sangat aktif, dan keaktifan klasikalnya yaitu 22 orang siswa (78,57%). Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 siswa (53,57%) dengan nilai rata-rata 74,82. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa (85,71%) dengan nilai ratas-rata 90,89. Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar Fisika mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pada siswa Kelas XI IPA.2 SMA Negeri 1 Babelan T.P 2019-2020.

Published

2022-11-22

Issue

Section

Articles