Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Virus Pada Peserta Didik Kelas X Mipa SMAN 1 Ciledug
Keywords:
Cooperative learning model, Make a match, Learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada pokok bahasan Virus dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ciledug. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik laki-laki dan 26 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasya. Adapun keberhasilan dalam belajar dengan merujuk pada indikator pencapaian hasil (IPH) ≥ 80% dan nilai ketuntasan minimal (KKM) ≥ 75. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata hasil belajar Biologi pada pokok bahasan Virus pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut 71,94 dan 80.56. Dari 36 peserta didik pada pretest jumlah peserta didik yang nilainya diatas KKM 5 peserta didik (13,8%), pada siklus 1 meningkat menjadi 18 peserta didik (50%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 29 (80,5%) dari 100% jumlah peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar Biologi pada pokok bahasan Virus pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan karena telah mencapai IPH dengan presentase kelas diatas 80%.