Pengaruh Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Menabung Di BNI Syariah KCP Kuningan

Authors

  • Winarti Winarti Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

pengetahuan, minat menabung, bank syariah

Abstract

Keberadaan bank syariah dalam sistem perbankan di Indonesia sebenarnya telah muncul sejak tahun 1992, sejalan dengan diberlakukannya Undang-Undang No.7 tahun 1992 tentang perbankan, dimana bank di beri kebebasan untuk  menentukan jenis imbalan dari para nasabah, baik bunga maupun keuntungan bagi hasil. Namun dalam perkembangannya tidak sepesat bank-bank yang beroperasi secara konvensional. Pemahaman dan pengetahuan nasabah tentang bank syariah juga akan mempengaruhi pandangan nasabah mengenai bank syariah itu sendiri. Secara mudahnya, pandangan nasabah terhadap bank syariah tergantung dengan apa yang mereka ketahui. Jika pengetahuan tentang bank syariah rendah maka dalam memandang bank syariah pastinya rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan nasabah terhadap minat menabung di BNI Syariah KCP Kuningan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel Pengetahuan Nasabah (X) dan variabel Minat Menabung (Y). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Adapun teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan nasabah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menabung. Hal ini di buktikan Berdasarkan Hasil uji t menunjukan nilai thitung sebesar 0,110 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004. Jika dibandingkan dengan t table (1,66277) maka thitung > t table dan p< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima Ha di tolak, artinya pengetahuan nasabah tentang produk ada pengaruh signifikan terhadap minat menabung di BNI Syariah KCP Kuningan. Dan hasil uji Determinasi Model Summery diperoleh nilai R Square ( ) adalah sebesar 0,094 atau 9,4%. Jadi 9,4% pengambilan keputusan menabung di BNI Syariah KCP Kuningan dapat di jelaskan oleh variabel pengetahuan nasabah artinya 90,6 (100% - 9,4%) dipengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak faktor yang mempengaruhi Minat Menabung di BNI Syariah KCP Kuningan.

Downloads

Published

2021-05-05