PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KIDS ATHLETICS TERHADAP GERAK MOTORIK

Main Article Content

yusuf yusuf
a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Islam Al-Ihya Kuningan";}
Mulyadi Agus

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kids Athletics Terhadap Gerak Motorik Siswa Kelas V MI Tigaherang Kecamatan Rajadesa. Kurang baiknya keterampilan gerak motorik siswa menjadi latar belakang penelitian yang dilakukan oleh penulis, ini terlihat pada saat siswa melakukan aktivitas pembelajaran penjas. Metode  yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif pre-experimental designs (nondesigns) model one-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 22 orang siswa, yang terdiri dari 11 siswa kelas V dan 11 siswa laki-laki (lima). Basic Motor Ability Test-Revised adalah instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Data hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 37,14 oleh nilai rata-rata pre-test oleh nilai rata-rata pre-test oleh nilai rata-rata pre-test Diperoleh nilai rata-rata 45,30 pada data post-test. Teknik yang digunakan adalah mengitung nilai gain (N-Gain score) pre-test dan post-test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS For Windows 20. Dengan menghitung selisih antara nilai pre-test dan post-test atau gain score, akan dapat mengetahui apakah pembelajaran berbasis kids atletik afektif atau tidak. N-Gain score pre-test dan post-test rata-rata N-Gain score 13,32, nilai tertinggi N-Gain 33, dan nilai terendah N-Gain 8. Apabila berpedoman pada kategori perolehan N-Gain score nilai rata-rata 13 yang diperoleh adalah termasuk tinggi karena nilai g > 0,07. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Kids Athletics efektif untuk meningkatkan gerak motorik siswa kelas V MI Tigaherang


Keywords: Pembelajaran, Kids Athletics, Gerak Motorik