Model Pembelajaran Kooperatif Tiperole Playing Dalamaktivitas Belajar Siswa

Main Article Content

Aan Pathiyah
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dioperasionalkan dengan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode studi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jamberama. Dari hasil pengolahan analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS = 5 % Versi.21 dengan taraf nyata pengujian diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 88,24% dan pada kelas kontrol adalah 72,81%. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (Uji T). Berdasarkan pemaparaan di atas, metode pembelajaran demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam memilih model pembelajaran.


Keywords: Kooperatif Tipe role playing, Aktivitas Belajar