Pendidikan Karakter Gemar Membaca Dan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Gerakan Literasi Sekolah

Authors

  • Suciati Nur Apriyanti Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Pendidikan Karakter, Gemar Membaca, Keterampilan Membaca Cepat, Gerakan Literasi Sekolah

Abstract

Rendahnya keterampilan literasi pada siswa menjadi masalah dalam penelitian ini. Minat baca yang rendah adalah alasan mengapa GLS sangat penting. GLS diperlukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa serta membentuk karakter gemar membaca bagi siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan  implementasi GLS terhadap karakter gemar membaca dan keterampilan membaca cepat pada siswa SD. Metode yang digunakan yaitu deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes membaca cepat. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi,  penyajian  data dan  penarikan simpulan. Penelitian dilaksanakan di SDN Unggulan Kuningan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan GLS dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat sebanyak 28 siswa atau 80% dan terbentuknya karakter siswa gemar membaca melalui kegiatan pembiasaan, pengembangan, dan  pembelajaran. Pada tahap pembiasaan siswa sudah terbentuk karakter gemar membaca dengan kegiatan membaca 10-15 menit sebelum belajar, pada tahap pengembangan siswa sudah membaca mandiri dengan berbagai jenis bacaan dan dapat menanggapi bacaan, pada tahap pembelajaran siswa melaksanakan kegiatan membaca disertai tes kemampuan membaca cepat,  mengerjakan tugas dan melaksanakan pembelajaran berbasis literasi sesuai dengan kurikulum 2013.

Downloads

Published

2022-08-16