Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Melalui Supervisi Guru

Main Article Content

Ade Yuliyanti
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
Yani Malihah
a:1:{s:5:"en_US";s:14:"SMAN 1 Cikjing";}

Supervisi merupakan salah satu tugas Kepala Sekolah disertai pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan tentang konseptual interpersonal dan teknikal ini merupakan tantangan kemampuan yang dihadapi oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan di sekolah. Dalam peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh kepala sekolah yaitu kunjungan kelas dalam peningkatankinerja guru di dalam proses kegiatan belajar mengajar yang efektif di SMA Negeri I Cikijing. Penelitian ini penelitian tidakan sekolah dengan melalui 2 siklus, siklus I dilaksanakanpada semester ganjil dan siklus 2 dilaksanakan pada semester genap. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar deskriptif, menganalisis data yang di peroleh dari pengamatan selama supervisi. Penelitian ini meningkatkan kinerja guru mencapai standar ideal. Siklus I mencapai 40 % dapat meingkat 100% pada siklus 2 yang di anggap telah selesai penelitian ini dan berhasil. Penelitian ini menghasilkan perencanaan yang baik dalam supervisi serta pelaksanaan yang konsisten dan penuh tangung jawab dengan meningkatnya kinerja guru mencapai ketuntasan mencapai 100%, pembinaan ini dilaksanakan kepala sekolah melalui supervisi kunjungan kelas ditanggapi positif oleh para guru.


Keywords: Supervisi, Peningkatan Pembelajaran, Mutu Guru