Peran Orang Tua Terhadap Adaptasi Belajar Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Keywords:
Peran Orang Tua, Adaptasi Belajar Daring, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri Balong, untuk mengetahui adaptasi belajar daring siswa kelas III, untuk mengetahui peran orang tua terhadap adaptasi belajar daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berprestasi memiliki peran yang tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang dengan meluangkan waktu yang cukup untuk anak-anaknya, pemenuhan fasilitas belajar, pembimbingan dan pendampingan belajar. Adaptasi belajar daring siswa kelas III di SD Negeri Balong sudah sangat baik, ini berarti siswa mampu menyesuaikan diri dengan cepat dengan keberadaan belajar daring karena didukung peranan orang tua yang cukup maksimal dalam meningkatkan semangat belajar dirumah.