Strategi Permainan Mikro Berbasis Permainan Peran Sebagai Upaya Perkembangan Sosial Emosional Anak
Main Article Content
Belajar sambil bermain sebagai urgensi pendidikan di PAUD menjadi perhatian pendidik dan pemerhati pendidikan jenjang PAUD namun kompatibilitas antara permainan dan pembelajaran terdapat rentan yang berjarak sehingga keduanya menjadi sesuatu yang terdiferensiasi. Instruksi permainan yang dapat di akomodir dalam pembelajaran kurang efektif dalam tujuan dan manfaat pembelajaran. Penelitian ini mengusulkan strategi permainan peran sebagai upaya perkembangan sosial emosional anak. Keterlibatan belajar kelompok dalam permainan peran menjadi dampak perubahan baik terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelas maupun sosialisasi anak dengan lingkungannya. Selain itu, analisis kualitatif dari data wawancara menunjukkan bahwa strategi permainan mikro dalam permainan peran membuat anak lebih memiliki karakteristik peduli dan bertanggungjawab terharap perannya sebagai peserta didik.