Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pemahaman Gizi Seimbang Anak

Main Article Content

Dedeh Komalasari
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Penelitian ini dilatar belakang oleh banyaknya anak di kelompok usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka Taraju Kabupaten Kuningan yang tidak mau memakan bekalnya dan lebih memilih jajan sembarangan. Sehingga guru merasa perlu untuk mengupayakan bagaimana cara memberikan pemahaman kepada anak dan orang tua tentang gizi seimbang melalui kegiatan Cooking Class. Tujuan dari penelitian ini adalah agar  Orang tua dan siswa memahami pentingnya pemahaman gizi seimbang melalui kegiatan Cooking Class. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskritif kualitatif dengan objek penelitian 25 anak dikelompok usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka Taraju Kabupaten Kuningan. Penelitian menggunakan 2 indikator kegiatan yaitu kegiatan Cooking Class serta pemahaman gizi seimbang  dimana hasil penelitian menunjukan tingkat keberhasilan dari Upaya gizi seimbang mencapai 96 % dari jumlah anak yang diteliti. Anak merasa senang dengan kegiatan memasak dan makan Bersama. Pengalaman nyata anak saat pemilihan menu dan keterlibatan anak dalam kegiatan membuat anak-anak memakan makanan yang sudah dibuat. Begitupun orang tua yang jadi lebih paham bahwa intuk menyediakan makanan bergizi perlu melibatkan anak dalam kegiatan memilih makanan serta pada saat proses memasaknya.


Keywords: Cooking Class, Pemahaman, Gizi seimbang