Penerapan Metode Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intellectual (Savi) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Main Article Content

Anggi Pramowardhani
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
Nurwidianti
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa sebelum penggunaan metode SAVI pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Sukadana. Untuk mengetahui pemahaman konsep siswa diakhir setelah penggunaan metode SAVI. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran SAVI  terhadap pemahaman konsep siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil belajar awal siswa sebelum penggunaan metode pembelajaran SAVI dari 20 siswa kelas V yang mengikuti pretest dengan menggunakan instrumen test diperoleh nilai terendah 31.30 dan nilai tertinggi 59.40, diperoleh nilai rata-rata nilai pretest sebesar 42.34. Hasil belajar akhir siswa setelah penggunaan metode pembelajaran SAV), diperoleh nilai pada tahap post-test dengan menggunakan instrumen test data terendah 62.50 dan nilai tertinggi 100.0 dan di peroleh nilai rata-rata sebesar 78.4. Peningkatan dari kondisi awal sebelum penggunaan metode SAVI dan kondisi akhir setelah penggunaan metode SAVI terjadi secara signifikan. Peningkatan terjadi karena adanya perubahan dalam penggunaan metode yang tepat pada pembelajaran. Simpulan dengan demikian, penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Sukadana.


Keywords: Penerapan, Somatic Auditori Visual Intellectual (SAVI), Pemahaman Konsep