Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Kinerja Pengawas terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Penjas

Authors

  • Rahmat Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Kinerja Pengawas, Peningkatan Profesionalisme Guru Penjas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pelaksanaan prasurvai yang dilakukan di lokasi penelitian dan kondisi pembinaan kemampuan guru penjas yang belum optimal antara lain; (1) Kepala Madrasah dan Pengawas belum mampu menyusun program pembinaan yang baik, terutama program pembinanan kemampuan yang memprioritaskan kebutuhan dan kepentingan mendesak dari kalangan guru penjas, (2) Masih terdapat mismatch antara kebutuhan pembinaan/supervisi kemampuan profesional guru penjas yang dituangkan dalam program kerja Kepala Madrasah dengan kebutuhan supervisi/pembinaan pengawas, dan (3) Frekuensi pelaksanaan pembinaan kemampuan profesional yang dilakukan Pengawas sangat terbatas, dan selalu dalam bentuk pertemuan kelompok. Kondisi ini kurang memungkinkan adanya pembinaan kemampuan memecahkan permasalahan yang dirasakan guru penjas yang umumnya beraneka ragam.Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah Supervisi Akademik Kepala Sekolah (X1) dan Kinerja Pengawas (X2) dan Profesionalisme Guru Penjas(Y), Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian dekriptif. Populasi dalam penelitian adalah guru penjas di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kuningan yang berjumlah 85 orang, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana penulis menetapkan populasi sebagai sampel penelitian sehingga sampel yang didapat adalah guru penjas di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kuningan yang berjumlah 85 orang.Dalam pengujian secara simultan tingkat pengaruh variabel independen (supervisi akademik kepala madrasah dan kinerja pengawas) terhadap variabel profesionalisme guru penjas adalah sebesar 67,6% sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti.Apabila dilihat dari tingkat signifikansinya, variabel independen (supervisi akademik kepala madrasah dan kinerja pengawas) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap profesionalisme guru penjas. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung> Ftabel, yaitu 13,538>1,79 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen atau dapat dikatakan bahwa supervisi akademik Kepala Madrasah dan kinerja pengawas berpengaruh positif terhadap peningkatan profesionalisme guru penjas di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Kuningan

Published

2021-01-28