Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Esai

Authors

  • Untasih Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 KUNINGAN

Keywords:

Pendekatan kontekstual, menulis esai

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu kesulitan dalam menulis esai. Sehingga diperlukan suatu upaya untuk mengatasinya, salah satunya yaitu dengan menggunakan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CTL terhadap hasil belajar siswa yaitu dalam kemampuan menulis esai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 MAN 1 Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus, siklu 1 sampai sikus 2. Pada prasiklus hanya 17% siswa yang tuntas belajar, pada siklus 1 meningkat menjadi  53%, dan pada siklus ke-2 ketuntasan mencapai 83%. Dengan demikian, pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam hal kemampuan menulis esai.

Published

2021-01-28