Pengaruh Instructional Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif
Keywords:
Pengaruh, Instructional Scaffolding, MenulisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh instructional scaffolding terhadap kemampuan menulis tesk deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif one group pre-test-post test design Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah sebanyak 20 siswa kelas 8 SMP Candra Jaya Jakarta. Instrumen peneltian ini menggunakan test yang terdiri dari pretest dan postest. Hasil pretest dan posttest menunjukan terdapat peningkatan dalam nilai menulis teks deskriptif. Ini dibuktikan dari hasil rata rata nilai pre-test 59,75, meningkat menjadi 65,25 nilai rata-rata post-test. Dari hasil penghitungan t-test diperoleh nilai t-hitung sebesar 4.221 sedangkan t-table dengan taraf signifikansi 0.05 sebesar 1.725. dengan demikian nilai t-hitung 4.221 lebih besar dari t tabel 1.725 maka H0 ditolak dan Ha diterima, itu bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi instrucitonal scaffolding terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa.