Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Aep Saefudin Universitas Islam Al-ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

metode pembelajaran think talk write, pemahaman siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan siswa mengalami kesulitan dan menyatakan ulang suatu konsep yang diajarkan, kurang terampil dalam menyajikan konsep dalam bentuk presentasi, siswa mengalami kesulitan dan mengklasifikasikan objek dan memberikan contoh berkaitan dengan konsep yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran think talk write untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasy eksperimen dengan pre-post test control group. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cigugur Kabupaten Kuningan yang berjumlah 3 kelas dengan siswa berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling di dapat siswa kelas VII. A yang berjumlah 20 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. C yang berjumlah 20 sebagai kelas kontrol. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan  uji hipotesis (uji t). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh t hit (9,093) > t daf (1,67), maka terima Hi artinya bahwa terdapat peningkataan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode pembelajaran think talk write pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Cigugur Kabupaten Kuningan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran think talk write dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Published

2020-10-05