Penggunaan Media Rotare Edukasi Berbahan Loose Parts Terhadap Peningkatan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Nunung Nuryati Universitas islam Al Ihya Kuningan
  • Elis Mariam Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Yesi Fitria Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Keywords:

Gerak Lokomotor, Media Rotare Edukasi, Anak Usia 4-5 Tahun

Abstract

Di masa emas, anak memiliki potensi yang masih berkembang sehingga perlu di stimulasi dengan baik sesuai perkembangannya. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam perkembangan anak adalah perkembangan pada motorik anak. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan media ROTARE edukasi berbahan loose parts terhadap peningkatan gerak lokomotor untuk anak usia 4-5 tahun di KB Jaya Giri. Peneliti ingin mencoba membuat suatu media pembelajaran berbahan loose parts untuk mengetahui keefektifan penggunaan media tersebut terhadap peningkatan gerak lokomotor. Objek pada penelitian ini adalah siswa-siswi KB Jaya Giri dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian mix methode. Proses pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah berdasarkan hitungan skala persentase menunjukkan angka 85% untuk media ROTARE, 75% untuk gerak lokomotor, dan 80% secara keseluruhan. Itu artinya bahwa penggunaan media ROTARE sudah sangat efektif terhadap peningkatan gerak lokomotor pada anak usia 4-5 tahun di KB Jaya Giri karena termasuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media ROTARE ini dapat dimanfaatkan untuk bahan pembelajaran yang menyenangkan serta efektif untuk anak usia 4-5 tahun.

Downloads

Published

2024-08-15