Pembelajaran Didaktis Dalam Permainan  Lato-Lato Untuk Melatih Kecerdasan Sosial Pada Penguatan P5 di PAUD

Authors

  • Ika Candra Destiyanti Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Darmayanti Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Lena Ahdiani Hayati Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Keywords:

P5, Kecerdasan Sosial, Permainan Lato-Lato, Didaktis

Abstract

Kemampuan anak dalam adaptasi sosial di sekolah menjadi indikator kuat dalam kecerdasan sosial anak di PAUD Kab Kuningan. Pasca Covid 19 karakter anak usia dini lebih rentan dan stress karena pembatasan sosial dan perubahan rutinitas selama pandemi menyebabkan anak memiliki kesulitan tidur dan perubahan perilaku.metode riset menggunakan kualitatif deskriftif dengan 20 partisipan usia 5 hingga 6 tahun. Hasil riset melaporkan anak dengan permainan lato lato pasca covid 19 sebagai momen evaluasi, menguji strategi baru, meningkatkan kesabaran membangun ketahanan mental sedangkan dalam konteks penguatan profil pelajar pancasila  anak belajar untuk saling membantu dan berkerja sama bersama teman dan menghargai proses belajar dan tidak menyerah.

Downloads

Published

2024-08-14