Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cici Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik

Authors

  • Rafli Ramza Fukhairo Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Aep Saepudin Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Firda Halawati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Aplikasi Cici, Minat Belajar, Matematika, Pendidikan, Teknologi

Abstract

Era digital yang semakin berkembang, penerapan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi semakin penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Cici terhadap minat belajar matematika siswa di MI PUI Kuningan. Metode yang gunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif quasi experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling, dimana kelas IV A  berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol penelitian di lakukan di MI PUI Kuningan. Data minat belajar siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen angket, yang di analisis menggunakan uji t. Dari hasil yang diperoleh nilai thitung = 3,473 dengan nilai sig 2-tailed sebesar 0,001, dan nilai ttabel = 1,998. Jika nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel. Sehingga disimpulkan hipotesis nol (H0) ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Aplikasi Cici terhadap minat belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 8,5%. Dengan adanya data hasil yang ada di atas maka dipastikan adanya pengaruh penggunaan Aplikasi Cici terhadap minat belajar matematika siswa di MI PUI Kuningan.

Downloads

Published

2025-02-07