Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Profesional Guru IPA Dalam Pembelajaran

Main Article Content

Aan Pathiyah
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Penelitian melalui supervisi akademik diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran IPA khususnya di wilayah binaan gugus luragung serta di seluruh wilayah kabupaten kuningan. Untuk dapat melaksanakan tugas profesinya, seoang guru dituntut mampu mendidik, melatih dan mengajar peserta didik  agar meningkatkan potensi-potensi yang dimilikinya. Proses pembelajaran tersebut harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk aktif, serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat , minat, dan perkembangan fisik serta psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi eksploratori tindakan pengawas terhadap guru di sekolah binaan yang dilaksanakan melalui refleksi secara berulang  mulai dari perencanaan, tindakan , pengamatan , refleksi/evaluasi,  perencanaan tindakan selanjutnya, dan seterusnya sampai pada indikator keberhasilan tercapai. Pembinaan guru melalui supervisi akademik terdapat lima langkah, yaitu: (1) menciptakan hubungan yang harmonis, (2) analisis kebutuhan, (3) mengembangkan strategi, model, pendekatan dan media pembelajaran (4) evaluasi, dan (5) refleksi kegiatan setiap langkah.


Keywords: Supervisi, Profesional, Pembelajaran