PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Authors

  • Adhistami Putri Pradani a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Islam Al-Ihya Kuningan";}

Keywords:

Prestasi Belajar;, Kompetensi Pedagogik Guru

Abstract

Proses pembelajaran akan berhasil apabila hasilnya mampu membawa perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap dalam diri peserta didik. Guru berada di garda terdepan dalam menciptakan generasi harapan bangsa. Guru yang profesional dan memiliki kompetensi pedagogik yang baik mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan baik pula sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 17 Kuningan dan mengetahui prestasi belajar peserta didik ditinjau dari implementasi kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 17 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru sudah cukup baik mengingat guru telah melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Walaupun belum sepenuhnya guru dapat melaksanakan setiap tahap-tahap pembelajaran dengan baik mengingat masih ada hambatan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugasnya. Prestasi belajar peserta didik ditinjau dari implementasi kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 17 Kuningan sudah cukup baik karena guru telah memperhatikan tiga ranah/jenis prestasi peserta didiknya.

Downloads

Published

2021-10-30