GARDEN HOUSE SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN UMKM DESA GIRIWARINGIN GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN

Authors

  • Nunung Nuryati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Darmayanti darmayanti Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Iman Iman Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Dedeh Komalasari Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Setiana Setiana Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Garden House, UMKM, Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Desa Giriwaringin merupakan salah satu desa dengan mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani. Namun masyarakat desa Giriwaringin belum cukup mumpuni untuk dapat mengelola dan memanfaatkan hasil pertanian dengan maksimal sebagai mata pencaharian mereka. Oleh karena itu, diadakannya program “Garden House” budidaya Jambu Kristal dan Tumpang Sari dengan tujuan untuk menciptakan potensi UMKM desa Giriwaringin dalam sektor pertanian sebagai penunjang pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan dalam bidang teknologi yang semakin pesat, sehingga kita dapat memanfaatkan fungsi daripada teknologi itu sendiri dengan maksimal. Khususnya dalam menjalankan sektor UMKM yang harus mengikuti alur perkembangan teknologi untuk mempertahankan eksistensi dalam menjalankan kegiatan UMKM. Media sosial adalah salah satu sarana yang efektif dalam melakukan pemasaran karena media sosial merupakan sarana komunikasi yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Dengan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, sehingga dapat menarik banyak konsumen dari berbagai kalangan di berbagai daerah dengan tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.

Published

2023-03-23

How to Cite

Nuryati, N. ., darmayanti, D., Iman, I., Komalasari, D. ., & Setiana , S. . (2023). GARDEN HOUSE SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN UMKM DESA GIRIWARINGIN GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25-31. Retrieved from https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jpkmunisa/article/view/379