OPTIMASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) CHAT GPT DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Guru dan Siswa di Desa Talagawetan)

Authors

  • Fanji Fakhru Zaman a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Islam Al-Ihya";}
  • Abdul Rohman
  • Agus Haris
  • Alif Alvinas
  • Dzodi Wijaya Ramadhan
  • Erna Susanti

Abstract

Perkembangan teknologi dan articial intelligence (AI) telah mengalami perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran dan pengajaran di berbagai tingkatan pendidikan. Salah satu aplikasi terkemuka dalam domain ini adalah Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer), yang telah membawa perubahan revolusioner dalam komunikasi manusia-mesin. GPT Chat OpenAI adalah teknologi mesin yang diciptakan berdasarkan pada kecerdasan buatan dan dilatih untuk meniru percakapan manusia menggunakan algoritma mechine learning. Chat GPT dapat digunakan untuk membuat postingan dan artikel yang cukup ilmiah jika menggunakan teknik prompt yang baik dan efektif. Oleh karena itu, peluang inovasi pemanfaatan teknologi ini terbuka lebar bagi dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa di sekolah atau instansi untuk memperoleh 6 keterampilan penting yang esensial di era pendidikan 4.0. Keenam keterampilan tersebut adalah berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, pembentukan karakter, dan kewarganegaraan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang potensi dan kendala dalam penerapan AI Chat GPT dalam pembelajaran di lingkungan pedesaan seperti di Desa Talagawetan. Temuan ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan lebih lanjut dalam memanfaatkan kecerdasan buatan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pedesaan.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

OPTIMASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) CHAT GPT DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada Guru dan Siswa di Desa Talagawetan). (2024). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 9-15. https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jpkmunisa/article/view/533